Cara Mengupgrade Website WordPress Anda ke HTTPS Dengan Lets Encrypt

Barusan saya mengupgrade website WordPress saya ke https dengan Lets Encrypt yang disediakan di cPanel hosting saya.
Fitur ini tersedia gratis di web hosting saya. Buruan cek cPanel hosting anda, barangkali provider anda sudah mengaktifkan fitur ini. Jika belum, mungkin anda harus memikirkan untuk migrasi ke web hosting lain, misalnya di web hosting yang saya pakai.

Proses mengupgrade website WordPress saya ke https ini melalui 2 tahap, mengaktfikan lets encrypt dan menyesuaikan konfigurasi WordPress anda.

Mengaktifkan Layanan Lets Encrypt di cPanel

Jika anda memiliki fitur Lets Encrypt, waktunya kita mengaktifkan fitur ini.

Login ke cPanel akun hosting anda ( dalam kasus ini kami login ke cPanel hosting kami dengan url http://namadomain.xyz/cpanel ) untuk url bisa di sesuaikan dengan domain yang anda miliki

Jika sudah berhasil login, di bagian Group menu Security ada menu Let’s Encrypt , kurang lebih seperti contoh berikut :

Pilih Menu Let’s Encrypt, selanjutkan akan muncul halaman let’s Encrypt, pada halaman Manage Let’s Encrypt SSL Sertificate bisa di pilih “New SSL Sertificate”

Dengan memilih menu tersebut kita akan melakukan Generate NEW sertificate SSL Let’s Encrypt Request ke sisi server, tahapan selanjutnya akan muncul pop up domain yang akan kita pasang SSL Let’s Encrypt, dalam kasus ini kami mencoba memasang SSL Let’s Encrypt di www.namadomain.xyz dan mail.namadomain.xyz, tahap selanjutnya klik “SUBMIT”

Tunggu beberapa saat, dan Let’s Encrypt Sudah terpasang di domain anda.

Sampai Tahapan ini proses Aktivasi Free SSL Let’s Encrypt di cPanel sudah selesai di lakukan dan berlaku untuk 90 Hari ( 3 Bulan ), setelah 3 bulan maka SSL Let’s Encrypt akan otomatis di lakukan renew Oleh System cPanel, namun jika memang terdapat issue mengenai auto renew sertificate SSL, silahkan di konsultasikan kepada tim teknis hosting masing-masing.

Yang perlu di ketahui mengenai layanan Free SSL Let’s Encrypt ini adalah layanan yang di provide Oleh letsencrypt.org, adapun beberapa kekurangan yang perlu di perhatikan :

– Layanan SSL Let’s Encrypt tidak di support pada sebagian Browser smartphone seperti halnya Browser BlackBerry
– Akses cukup lambat jika menggunakan SSL Let’s Encrypt, berbeda dengan SSL berbayar seperti halnya AlphaSSL yang akan tetap cepat di akses.
– Sertificate SSL Let’s Encrypt perlu di lakukan pengecekan manual setiap 3 bulan untuk meminimalisir kemungkinan gagalnya proses auto renew SSL oleh system cpanel – – Terdapatnya limitasi sertificate pada system SSL Let’s Encrypt

Selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi WordPress anda.

Mengkonfigurasi WordPress Agar Berjalan di HTTPS

Login ke Dashboard anda, langsung meluncur ke General Options (Settings > General).

Rubah alamat website dan login url menggunakan https, seperti contoh ini:

Install dan Aktifkan Plugin Realy Simple SSL

Setelah plugin aktif akan ada notifikasi untuk mengaktifkan SSL. Klik Go Ahead, activate SSL.

Selesai.

Selamat, website anda kini sudah bisa diakses menggunakan https

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Artikel Terbaru